Senin, 24 November 2014

Dunia Kampus

Saat sudah menjelang kelas 3 SMK/3 SMA, banyak teman-teman yang ingin menjalani masa depannya masing-masing, ada yang dari lanjut kuliah, melamar pekerjaan, wirausaha, bahkan langsung menikah :v

oke, saya akan membahas tentang kuliah buat teman-teman yang ingin melanjutkan kuliah di kampus favorit masing-masing. Bukannya menakuti, tetapi untuk "menyiapkan diri" untuk masuk di dunia kampus itu seperti apa.

Di kampus, berbeda dengan sekolah dulu dari SD-SMA/SMK, biasanya teman-teman seumuran sama, tetapi beda di kampus, ada yang baru lulusan sekolah, ada yang udah bekerja, bahkan ada yang udah berkeluarga lalu umurnya udah kepala 3 / 4.

Yang berbeda juga di kampus adalah TUGASNYA / PR. Setiap mata diklat pasti ada tugas, bahkan konsepnya sudah berbeda, biasanya mengerjakan di buku, sekarang mengumpulkannya lewat e-mail (kalau kampus saya).

Di kampus juga, selalu presentasi di depan kelas, dari guru sampai mahasiswa, jadi di kelas itu udah wajib siap "proyektor".


Jadi, intinya saya ingin memberikan pesan, tips kepada teman-teman, yaitu:

1. Jika ada tugas, JANGAN DI TUNDA!!, karena tugas di kampus itu sudah berbeda dengan di sekolah, kalau mau nunda-nunda, siap2 saja kalian jadi pusing karena setiap diklat ada tugas yang kalian tumpuk, kalaupun kalian mau mencontek / ikut dengan teman, BAKAL DI TOLAK kalau ketauan dosen!

2. Jika dosen tidak ada, lebih baik jangan segera pulang, lebih baik di kampus saja, walaupun teman-teman sudah absen duluan. Kenapa? MANFAATKAN WAKTU! mungkin yang pulang duluan bisa saja mereka belajar di rumah ya tidak masalah, tapi alangkah baiknya kalau waktu kosong itu di manfaatkan sebaik mungkin. Kita sekarang sudah kuliah, bukan lagi masa sekolah dulu. Sekarang mulai belajarlah menjadi "Dewasa" dengan memanfaatkan waktu, semakin kita dewasa, rasanya semakin cepat waktu itu berjalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar