Jumat, 12 Desember 2014

rantai motor kendor

di perjalanan, saat lagi enak-enaknya naik motor, tiba-tiba ada suara yang mengganggu sekali saat ketemu jalan yang bergelombang / saat mau naikkan atau menurunkan gigi, gak tau darimana awal asalnya, akhirnya saya stop ke pinggir jalan & melihat kalau rantai motor saya kendor banget, sampe besi standar tengah mbekas jadi "putih", pasti ini yang bikin suaranya gak nyaman.

Akhirnya, saya membawa motor dengan pelan sekali, sampai pelan & khawatir, lebih baik apa saya tenteng aja ini motor, takut putus rantai motornya. Tapi syukurlah bisa sampe bengkel terdekat, minta di kencangkan rantai, bayarnya 5 ribu rupiah saja.

dari cerita di atas yang saya alami sendiri, saya ingin berpesan buat diri sendiri & teman-teman pembaca :

1. Sebelum bepergian menggunakan motor (saat mulai aktivitas), luangkan waktu sejenak untuk memanaskan motor anda, cek lampu depan & belakang, lampu sein depan belakang, ban depan belakang, pastikan dalam kondisi baik. Untuk rantai, coba di standar 2 motor anda, lalu gunakan gigi pertama, liat pergerakan rantainya, apakah pergerakan rantai normal / naik turun banget, jika naik turun, segeralah kencangkan rantai anda.

2. Untuk perawatan rantai, gunakanlah chain-lube khusus rantai motor, jangan menggunakan oli bekas, karena oli bekas itu kotor & memperpendek masa pakai rantai.

3. Di saat motor terkena hujan, atau setelah di cuci, segeralah melumas rantai motor anda. Jika tidak, rantai motor akan kering & cepat kendor.

sepertinya itu saja saran dari saya. Apabila ada yang ingin menambahkan lagi yang lain, silahkan coret-coret di komentar ya.... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar